Buniayu Cave Trip Forum National Geographic Indonesia

buniayu1

Cave trip atau jalan-jalan di dalam goa jarang dilakukan kebanyakan orang. Selain tidak semua suka berkotor-kotor ria, ini juga dikarenakan lokasi goa yang tidak semua kota memiliki goa yang dapat dijadikan tempat wisata. Beruntung sekali saat itu forum National Geographic Indonesia (NGI) ngadain cave trip ini, tepatnya di Goa Buniayu, Sukabumi, Jawa Barat…. uhuyy.

26-27 mei 2012: Perjalananpun dimulai, hari pertama sampai di TKP pagi hari kita santai sejenak sambil carbo loading dan memantau sekitar lokasi.

penampakan ala boyband sebelum belepotan
penampakan ala-ala sebelum belepotan

Setelah segeran dikit kita langsung disuguhi trip pertama yaitu Landak Cave Horizontal (panjang 500 m), mengekplorasi goa horizontal dengan cukup menggunakan helm proyek, senter, dan sepatu boot pak tani. Dimulai dengan brief dari pak instruktur, berdo’a bersama, pemanasan, dan langsung menuju Gate 1. Pintu masuk gate 1 ini cukup lebar, menuruni anak tangga melihat stalaktit dan stalakmit. Info sedikit, stalaktit adalah air mineral goa kapur yang mengandung salah satunya kalsium karbonat (kalsit) yang menetes secara terus menerus dari langit-langit goa yang membentuk batu yang runcing. Sedangkan stalakmit adalah tetesan air mineral yang biasanya limpahan dari stalaktit yang mengumpul dan tumbuh ke atas.

Berlanjut kita menyusuri goa, foto-foto ria, menikmati sensasi gelapnya goa yang kali pertama bagi saya, ternyata keindahan tak hanya dipermukaan tanah, melainkan didalam tanah juga ada yang indah… Sebagai mana manusia, keindahan tak melulu dilihat dari penampakannya saja, tapi dari dalam lubuk hatinya, ohhh indahnya.. Azeeekkk :p

buniayu3

buniayu4

buniayu7
pantesan namanya stalaktit, perhatikan bentuknya….
buniayu8
pantesan namanya stalakmit, perhatikan bentuknya….

buniayu6

Lanjut menyusuri goa yang gelap gulita ditemani senter seuprit nyalanya, menuju pintu keluar goa Gate 2 yang tiba-tiba menyempit jalurnya, kamipun merangkak naik. Terbesit secercah cahaya nun diatas sana bagaikan harapan yang muncul ditengah keterpurukan (drama). Ternyata benar dugaan pintu keluar yang kecil menyempil ngepas tubuh mungil, kasian juga yang badannya gede-gede, pasti susah.. hehehe.. Menyusuri goa dengan belepotanpun ditutup dengan hati riang setelah melalui rintangan yang cukup menantang. Tapi itu belum berakhir, masih ada rintangan hari esok.

buniayu9
tarik maaang
buniayu10
horee keluar bulepotan

buniayu11

om lelah dek
om lelah dek

lanjuttt…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *